Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan
Pengambilan keputusan (untuk membeli atau tidak membeli)
seseorang dipengaruhi oleh factor personal dan factor social .
A. Factor personal
1) Motivasi
Motivasi adalah dorongan (drive) internal untuk melakukan
tindakan sesuatu sebagai usaha pemenuhan kebutuhan (needs). Memahami motivasi
tidaklah mudah karena keadaan itu merupakan situasi yang sangat pribadi . ada
beberapa teori motivasi yang terkenal diantaranya:
Teori motivasi dari Abraham H.Maslow yang menyatakan bahwa
kebutuhan pribadi terdiri atas beberapa tingkatan (kebutuhan fisik , keamanan ,
sosialisasi , penghargaan dan jati diri) dan pemenuhan kebutuhan tersebut
dilakukan secara progresif (dari tingkatan terbawah ke tingkat atas).
Teori motivasi dua factor olleh Herzberg yang menyatakan
bahwa motivasi seseorang melakukan kegiatan atau tindakan adalah untuk mencapai
tingkat kepuasan (factor motivasi) dan atau untuk menekan rasa ketidak puasan
(factor hijienik).
2) Perepsi
Persepsi adalah proses pemilihan , pengorganisasian dan
oengartian informasi berdasarkan pengalaman pribadi. Seseorang melihat suatu
objek atau persoalan yang dihadapinya tidaklah sama satu dengan yang lain , itu
dikarenakan persepsi seseorang tidaklah selalu sama. Dari objek atau
permasalahan yang sama , apabila dipandang dari sudut pandang berbeda akan
menghasilkan interpretasi yang berbeda pula.
3) Pemahaman
Pemahaman (learning) adalah proses perubahan pemikiran atau
pemahaman seseorang karena adanya pengalaman-pengalaman pribadi (diri sendiri
maupun orang lain) sebelumnya. Pengaruh-pengaruh terhadap pemahaman seseorang
dapat memperkuat kembali (positif reinforcement) tetapi bahkan juga dapat
memperlemah (negative reinforcement) tindakan lebih lanjut, karena pemahaman
tergantung pada pengalaman.
Proses pemahaman:
Drives adalah
stimulus internal dari diri seseorang yang berusaha untuk mengatasi masalah
karena adanya kebutuhan yang dirasakan. Contohnya mengatasi rasa lapar , haus ,
dsb
- Cues adalah stimulus eksternal yang terekpos agar memperoleh respons seseorang . misalnya produk . symbol , iklan, dsb
- Response adalah reaksi atau tanggapan seseorang atas stimulus (internal atau eksternal) yang diterimanya. Respon tersebut dapat berwujud kesediaan untuk memenuhi atau menolak pemenuhan tersebut.
- Reinforcement adalah penguatan terhadap perilaku usaha pemenuhan atau penolakan kebutuhan berdasarkan pengalaman yang diperoleh
4) Kepercayaan (belief)
Kepercayaan adalah deskripsi tingkat penerimaan pemikiran
seseorang atas suatu obyek atau gejala. Tingkat kepercayaan seseorang untuk
menentukan citra terhadap seatu obyek sebagai dasar sikap melakukan suatu
tindakan .
5) Sikap (attitude)
Sikap adalah penilaian relative seseorang terhadap obyek
atau pemikiran tertentu secara konsisten. Meskipun dapat dipengaruhi oleh
factor lingkungan , sikap merupakan penilaian yang sangat subyektif dan
seringkali sulit untuk dirubah.
6) Kepribadian (personality)
Kepribadian adalah karakteristik psikologis yang relatif
konsisten terhadap respons akhir suatu obyek di lingkungannya.
B. Factor social
1) Peran dan status
Peran adalah kegiatan – kegiatan seseorang untuk menyatakan
keberadaan atau yang diharaokan pada dirinya dalam lingkungannya . status
adalah penghargaan umum kelompok atau masyarakat terhadap seseorang.
2) Keluarga
Keluarga merupakan kelompok yang paling langsung
mempengaruhi perilaku seseorang.
3) Kelompok referensi
Kelompok referensi adalah kelompok yang secara langsung atau
tidak langsung memengaruhi pembentukan perilaku dan sikap seseorang.
4) Klas social
Klas social adalah tingkatan dari struktur klas masyarakat
yang berjenjang dan relatif permanen dalam persamaan nilai , minat , dan
perilaku.
5) Subkultur
Subkultur adalah kelompok masyarakat yang mempunyai
kebersamaan sistem nilai berdasarkan kesamaan situasi dan pengalaman hidupnya
.6) Kultur
Kultur adalah sistem nilai , persepsi , kebutuhan dan
perilaku yang dipahami oleh setiap anggota masyarakat melalui keluarga atau
kelompok penting lainnya.
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar