Jumat, 16 Oktober 2015

TUGAS 3



Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan (untuk membeli atau tidak membeli) seseorang dipengaruhi oleh factor personal dan factor social .

A.    Factor personal

1)      Motivasi
Motivasi adalah dorongan (drive) internal untuk melakukan tindakan sesuatu sebagai usaha pemenuhan kebutuhan (needs). Memahami motivasi tidaklah mudah karena keadaan itu merupakan situasi yang sangat pribadi . ada beberapa teori motivasi yang terkenal diantaranya:
Teori motivasi dari Abraham H.Maslow yang menyatakan bahwa kebutuhan pribadi terdiri atas beberapa tingkatan (kebutuhan fisik , keamanan , sosialisasi , penghargaan dan jati diri) dan pemenuhan kebutuhan tersebut dilakukan secara progresif (dari tingkatan terbawah ke tingkat atas).
Teori motivasi dua factor olleh Herzberg yang menyatakan bahwa motivasi seseorang melakukan kegiatan atau tindakan adalah untuk mencapai tingkat kepuasan (factor motivasi) dan atau untuk menekan rasa ketidak puasan (factor hijienik).
2)    Perepsi
Persepsi adalah proses pemilihan , pengorganisasian dan oengartian informasi berdasarkan pengalaman pribadi. Seseorang melihat suatu objek atau persoalan yang dihadapinya tidaklah sama satu dengan yang lain , itu dikarenakan persepsi seseorang tidaklah selalu sama. Dari objek atau permasalahan yang sama , apabila dipandang dari sudut pandang berbeda akan menghasilkan interpretasi yang berbeda pula.

3)      Pemahaman
Pemahaman (learning) adalah proses perubahan pemikiran atau pemahaman seseorang karena adanya pengalaman-pengalaman pribadi (diri sendiri maupun orang lain) sebelumnya. Pengaruh-pengaruh terhadap pemahaman seseorang dapat memperkuat kembali (positif reinforcement) tetapi bahkan juga dapat memperlemah (negative reinforcement) tindakan lebih lanjut, karena pemahaman tergantung pada pengalaman.
Proses pemahaman:
Drives adalah stimulus internal dari diri seseorang yang berusaha untuk mengatasi masalah karena adanya kebutuhan yang dirasakan. Contohnya mengatasi rasa lapar , haus , dsb
  1. Cues adalah stimulus eksternal yang terekpos agar memperoleh respons seseorang . misalnya produk . symbol , iklan, dsb
  2. Response adalah reaksi atau tanggapan seseorang atas stimulus (internal atau eksternal) yang diterimanya. Respon tersebut dapat berwujud kesediaan untuk memenuhi atau menolak pemenuhan tersebut.
  3. Reinforcement adalah penguatan terhadap perilaku usaha pemenuhan atau penolakan kebutuhan berdasarkan pengalaman yang diperoleh 
4)      Kepercayaan (belief)
Kepercayaan adalah deskripsi tingkat penerimaan pemikiran seseorang atas suatu obyek atau gejala. Tingkat kepercayaan seseorang untuk menentukan citra terhadap seatu obyek sebagai dasar sikap melakukan suatu tindakan .
5)   Sikap (attitude)
Sikap adalah penilaian relative seseorang terhadap obyek atau pemikiran tertentu secara konsisten. Meskipun dapat dipengaruhi oleh factor lingkungan , sikap merupakan penilaian yang sangat subyektif dan seringkali sulit untuk dirubah.
6)   Kepribadian (personality)
Kepribadian adalah karakteristik psikologis yang relatif konsisten terhadap respons akhir suatu obyek di lingkungannya.

B.     Factor social

1)   Peran dan status
Peran adalah kegiatan – kegiatan seseorang untuk menyatakan keberadaan atau yang diharaokan pada dirinya dalam lingkungannya . status adalah penghargaan umum kelompok atau masyarakat terhadap seseorang.

2)   Keluarga
Keluarga merupakan kelompok yang paling langsung mempengaruhi perilaku seseorang.
3)   Kelompok referensi
Kelompok referensi adalah kelompok yang secara langsung atau tidak langsung memengaruhi pembentukan perilaku dan sikap seseorang.
4)   Klas social
Klas social adalah tingkatan dari struktur klas masyarakat yang berjenjang dan relatif permanen dalam persamaan nilai , minat , dan perilaku.
5)   Subkultur
Subkultur adalah kelompok masyarakat yang mempunyai kebersamaan sistem nilai berdasarkan kesamaan situasi dan pengalaman hidupnya
.6)   Kultur
Kultur adalah sistem nilai , persepsi , kebutuhan dan perilaku yang dipahami oleh setiap anggota masyarakat melalui keluarga atau kelompok penting lainnya.

Sumber:


https://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen





Tidak ada komentar:

Posting Komentar